Berbagai Pertanyaan Mengenai Koperasi



1)      Berikan penjelasan Anda tentang kontribusi koperasi dalam membangun dan memberdayakan ekonomi masyarakat !
Jawab : Koperasi telah menjadi alternatif bagi lembaga usaha lain. Pada kondisi ini masyarakat telah merasakan bahwa kontribusi koperasi lebih baik dibandingkan dengan lembaga lain dalam hal membangun dan memberdayakan ekonominya. Pertama, koperasi berperan dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU). Di akhir tahun, jika suatu koperasi masih memiliki Sisa Hasil Usaha (SHU) maka koperasi secara adil akan membagikan SHU kepada anggotanya sesuai dengan jasa yang dilakukan. Kedua, beberapa koperasi di Indonesia menyediakan berbagai barang kebutuhan usaha dengan harga yang lebih terjangkau dan menyediakan fasilitas simpan pinjam dengan bunga murah dan syarat yang mudah. Sehingga kebutuhan masyarakat tercukupi dengan lebih mudah maka akan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Ketiga, kehadiran koperasi tidak hanya menghimpun dana dari anggotanya, tetapi bagaimana dana yang dihimpun itu, selain disalurkan kepada anggota, juga dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha kecil menengah dengan memberdayakan potensi lokal yang ada. Salah satunya dengan cara memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat, khususnya anggota koperasi tentang bagaimana cara mengolah potensi-potensi bahan pangan lokal menjadi produk yang bernilai ekonomi untuk di pasarkan secara luas, sehingga dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat serta ekonomi nasional.

2)      Berikan penjelasan Anda tentang hambatan, tantangan dan strategi koperasi dalam menghadapi persaingan global !
Jawab : Dalam menjalankan perannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, koperasi dihadapi oleh banyak hambatan dan tantangan di era persaingan global ini. Jika dilihat dari kondisi perkembangan koperasi di Indonesia pada saat ini, hambatan dan tantangan yang dihadapi dapat dipaparkan dari segi internal yakni kurangnya modal dan keterbatasan teknologi, serta dari segi eksternal yakni masalah perizinan, lemahnya kegiatan branding dan promosi. Salah satu faktor hambatan utama bagi sektor Koperasi untuk bersaing dalam era globaliasasi adalah kualitas sumber daya manusia (SDM) pelaku KUKM yang secara umum masih rendah. Sebagian masyarakat enggan masuk sebagai pengelola koperasi karena dinilai tidak menjanjikan masa depan.
Dari banyaknya hambatan dan tantangan yang dihadapi, koperasi melakukan strategi untuk menghadapi persaingan di era global, yakni dengan meningkatkan akses teknologi. Jika teknologi ditingkatkan maka informasi akan diperoleh dengan mudah dan cepat, baik informasi mengenai pasar produksi maupun pasar faktor produksi untuk memperluas jaringan pemasaran produk yang dihasilkan oleh koperasi. Dengan adanya akses teknologi informasi yang memadai akan memudahkan koperasi dalam menguasi pasar, baik pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri secara efisien. Selain itu strategi koperasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, koperasi melaksanakan berbagai pembinaan dan pelatihan, baik yang bersifat teknis maupun manajerial.

3)      Apa yang Anda ketahui tentang koperasi Syariah ?
Jawab : Menurut yang saya ketahui koperasi Syariah merupakan suatu lembaga usaha berasaskan kekeluargaan yang menjalankan usahanya berlandaskan dengan prinsip syariat Islam yakni mengacu pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dalam menjalankan tugasnya koperasi syariah harus menjalankannya sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku, yakni kaidah dalam mengumpulkan dan menyalurkan dana menurut Islam namun tidak bertentangan dengan tujuan koperasi yang telah ditetapkan dalam Undang-undang.

Nama : Meutia Nabila Hawa
NPM : 14215150
Kelas : 3EA23

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan

Perseroan Terbatas : Organisasi Dan Transaksi Modal Saham